Kamis, 20 Februari 2020

Manfaat Tanaman Sengon



MENGENAL TANAMAN SENGON
DAN MANFAATNYA

Tanaman sengon termasuk dari family Fabaceae dan merupakan salah satu jenis pohon penghasil kayu yang banyak tumbuh di daerak kabupaten Pacitan. Tanaman ini ada beberapa jenis dan yang paling banyak tumbuh di negeri kita adalah spesies  Paraserianthes falcataria (sengon laut). Umumnya, pohon Sengon ditanam sebagai pohon peneduh, pelindung, tanaman hias, dan reboisasi.
Keberadaan pohon sengon saat ini menjadi primadona karena  kayu yang berasal dari pohon ini  menjadi pilihan utama para industri pengolahan kayu. Kehadiran kayu dari pohon sengon menjadi alternatif   menggantikan produk kayu alam yang saat ini semakin sulit didapatkan. 
Pohon sengon merupakan tanaman asli Indonesia, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Australia. Salah satu kelebihan pohon ini adalah pertumbuhannya yang sangat cepat, bahkan ada yang menyebutkan kalau  pohon sengon merupakan tanaman dengan pertumbuhan paling cepat di dunia. Bukan tanpa alasan karena tinggi  pohon  ini dapat mencapai 5 meter hanya dalam waktu satu tahun, jika ditanam pada tanah yang subur dan dipelihara dengan baik.
Pada masa pertumbuhannya, pohon sengon dapat mencapai 20 meter, dengan diameter mencapai kurang lebih 100 cm. Tanaman dengan karakter akar tunggang ini  memiliki bentuk daun yang tersusun majemuk dan menyirip ganda dengan panjang sekitar 23-30 cm. 
Sengon termasuk tanaman serba guna, mulai dari akar hingga buahnya mempunyai manfaat yang tidak sedikit. Berikut gambaran akan manfaat bagian-bagian dari pohon sengon.

1. Bagian Akar
Akar pohon sengon ternyata tidak saja bermanfaat bagi pohon sengon tersebut, tetapi juga tanah di sekitarnya. Sistem perakaran sengon pun banyak mengandung nodul akar sebagai hasil simbiosis dengan bakteri Rhizobium. Kandungan itu menguntungkan bagi tumbuhan di sekitarnya, karena keberadaan dari nodul akar ini dapat membantu porositas tanah dan penyediaan unsur nitrogen di dalam tanah. Dengan itu, pohon ini dapat membuat tanah yang ada di sekitarnya menjadi sangat subur. 
     Sistem perakaran sengon laut kuat banyak mengandung rizobium

Sengon memiliki akar tunggang yang cukup kuat menembus ke dalam tanah. Tetapi akar rambutnya tidak terlalu besar, tidak rimbun dan tidak menonjol ke permukaan tanah. 
 
2. Bagian Daun
Daun pohon sengon yang berwarna hijau  dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang sangat baik karena tinggi kandungan protein. Daun pohon ini juga isukai hewan ternak, seperti kerbau, sapi, dan kambing.

Bentuk daun tanaman sengon


 3. Bagian Buah
Buah pohon sengon berwarna hijau, berbentuk pipih dan lonjong, tipis, tidak bersekat, dan panjang mencapai 12 cm.  Buah pohon sengon bisa dibuat camilan, yakni  kacang sengon (cangseng). Selain dibuat camilan yang nikmat, buah pohon sengon juga dipercaya dapat mengatasi penyakit  darah tinggi, perut kembung, menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol, dan asam urat.
 
4. Bagian Batang dan Kulitnya
Bagian batang pohon sengon merupakan salah satu jenis kayu yang banyak dicari orang. Batang pohon ini dapat dibuat menjadi kayu olahan yang bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan, seperti konstruksi ringan, pembuatan alat-alat rumah tangga, bahan baku pabrik venner, triplek dan sebagainya.
Jenis kayu yang berasal dari pohon sengon ini banyak  dipilih karena memiliki banyak kelebihan dibanding kayu jenis lainnya. Kelebihan kayu sengon antara lain  adalah memiliki karakter kayu yang lurus,  kulit kayu yang licin dan halus, awet, ringan dan lunak,  serta  saat dipaku, kayu ini tidak akan   mengalami banyak perubahan.
Selain itu kayu sengon merupakan salah satu bahan baku pabrik pembuatan kayu lapis .

 Hasil olahan kayu sengon

Ternyata, banyak sekali manfaat dari pohon sengon. Demikianlah Allah menciptakan alam ini tanpa sia-sia belaka, melainkan untuk memberi kemaslahatan bagi hidup manusia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

serba serbi

PENDAMPINGAN KTH

Dalam Pembinaan KTH dmaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kelompok tani hutan dalam mengelola Kelembagaan, Kawasan dan Kelola Usaha. Tujua...