Kamis, 05 Oktober 2023

MONITORING DAN EVALUASI

 MONITORING DAN EVALUASI

PELAKSANAAN KEGIATAN KEBUN BIBIT RAKYAT DI DESA MANTREN KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2023

Kebun Bibit Rakyat (KBR) merupakan program pemerintah untuk menyediakan bibit tanaman hutan dan jenis tanaman buah buahan (MPTS) yang dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok masyarakat atau kelompok tani hutan.

Adapun progres pengerjaan KBR pada KTH Wana Harapan desa Mantren Kecamtan Punung Kabupaten Pacitan ini sudah pada tahap pemeliharaan bibit mencakup kegiatan penyulaman, pengairan, pendangiran, pengendalian hama/penyakit.

Proses pengerjaan program KBR ini langsung termonitoring oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Solo, karena kabupaten Pacitan masuk dalam wilayah BPDAS Solo.

Monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan pada Kamis (26/10/2023) oleh tim BPDDAS Solo yakni Anugrah Condro Santoso, S.P., Ari Setyanto Wibowo, S.P. Narvia Wachid A, Budiyo Hary Murti dan didampingi juga dari pengawas lapangan KBR dan Penyuluh Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan.

  

  

Hasil monitoring dan evaluasi untuk KTH Wana Harapan yakni pembuatan bibit sudah terpenuhi sejumlah 35.000 batang, tetapi masih ada beberapa polybag yang kosong sehingga masih dilakukan penyulaman terutama pada jenis balsa. Pada kegiatan tersebut ada 3 (tiga) jenis bibit yang dibuat, yaitu sengon sejumlah 20.000 (dua puluh ribu) batang, balsa 10.000 (sepuluh ribu) batang dan alpokat sebanyak 5.000 (lima ribu) batang. Monitoring dan evaluasi akan terus dilaksanakan sampai tahap penanaman di lahan tanam dalam program KBR ini.


DOKUMENTASI MONITORING KBR DESA MANTREN

      








 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

serba serbi

PENDAMPINGAN KTH

Dalam Pembinaan KTH dmaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kelompok tani hutan dalam mengelola Kelembagaan, Kawasan dan Kelola Usaha. Tujua...